Untuk Meningkatkan Kreativitas Ibu-Ibu PKK Kelurahan Bareng, Belajar Membuat Batik Shibori.

KIM Obama – Batik merupakan salah satu warisan budaya, yang memiliki nilai kehidupan dan makna filosofis yang harus dipelajari serta dilestarikan. Berbagai macam teknik batik diantaranya batik cap, batik tulis dan batik jumputan.

Batik jumpatan di Jepang lebih dikenal dengan istilah batik shibori. Shibori adalah teknik pewarnaan kain dengan menciptakan motif dari lipatan yang sudah ada sejak abad ke 8. Proses pembuatan batik shibori lebih cepat daripada batik lainnya dan tidak memerlukan bahan yang sulit. Motif batik yang menarik dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Untuk meningkatkan kreativitas Ibu-Ibu PKK Kelurahan Bareng maka pada hari Kamis, 18 Agustus 2022, mulai jam 09:00 wib, bertempat di aula Kelurahan, mengikuti Pelatihan membuat batik dengan tehnik Shibori.

Selaku narasumber Ibu Mariati dari BKM Kauman, yang dihadiri oleh 40 Ibu-Ibu PKK, serta serta turut hadir dalam acara ini

  1. Lurah Bareng
  2. Kasie PM Kel. Bareng
  3. Ketua TP PKK Kel. Bareng
  4. Karang Werda Kel. Bareng
  5. Kelurahan Sehat Kel. Bareng
  6. Kelsi Kel. Bareng
  7. Team KIM Obama

Dengan adanya pelatihan ini, harapan kedepannya para peserta dapat mengembangkan menjadi icon Batik Khas Kelurahan Bareng, yang bernilai ekonomi.

Penulis dan dokumentasi : Meidhi

Salam Sehat dan Bahagia selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.