Dawis Kelurahan Bareng, Mengikuti Pelatihan Dan Menerima Bantuan Paket Budidaya Ikan Dalam Ember.

KIM ObamaDinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Bidang Perikanan, melalui Sub Kegiatan Pemberian Pendampingan, Kemudahan Akses IlmuPengetahuan, Tehnologi Dan Informasi serta Penyelenggaraan Dan Pelatihan. Mengadakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele Dalam Ember, pada Selasa, 12 Sept 2023, pkl. 09:00 wib, bertempat di aula Kecamatan Klojen. Dalam kegiatan ini, sekaligus penyerahan Bantuan Paket Budidamber kepada Dawis Kelurahan Bareng.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari : 12, 13 dan 14 Sept 2023, untuk hari pertama dari Kelurahan Bareng, 1. RW 03 dengan menerima bantuan budikdamber 25 paket; 2. RW 04 dengan merima bantuan budikdamber 31 paket dan 3. RW 08 dengan menerima budikdamber 55 paket; sedang untuk RW lainnya menyusul.

Salah satu upaya untuk berbudidaya lele dengan metode budidaya ikan yang disinergikan dengan tanaman sayuran yang dilakukn didalam wadah berupa ember (budikdamber) .  Prinsip pelaksanaan budikdamber sama dengan aqua ponik yang mensinergikan antara budidaya tanaman dan ikan dalam satu wadah, namun dalam wadah yang kecil (ember) sehingga efisien bila ditempatkan di lahan yang sempit, selain efisiensi lahan , budikdamber juga hemat listrik dan ramah lingkungan karena tidak memerlukan tambahan pupuk selama pemeliharaannya.

Kata Anggota Komisi B DPRD Kota Malang, dalam sambutanya mengatakan, “ Untuk langkah awal Budikdamber ini hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga bukan untuk dijual untuk meningkatkan perekonimian “

Sebagai narasumber dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Prov Jawa Timur dengan materi : 1. Pengelolaan Kesehatan Ikan Lele Untuk Budikdamber; 2. Budidaya Ikan Lele Damalm Ember. 

Turut hadir dalam cara ini : 1. Anggota Komisi B DPRD Kota Malang; 2. Pejabat Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Bidang Perikanan; Camat Klojen;  3. Para Undangan Penerima Manfaat.

Harapan dengan adanya Pelatihan dan Bantuan ini,  semoga dapat membantu warga Kelurahan Bareng Kec. Klojen  dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, khususnya penyediaan lauk berupa ikan lele dan sayuran berupa kangkung. Salam Sehat Dan Bahagia Selalu. ( Pewarta Meidhi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.