1 Juli Yang Diperingati Sebagai Hari Bhayangkara.

KIM Obama – Setiap tanggal  1 Juli,  sejak tahun 1954 diperingati sebagai  Hari Kepolisian atau Hari Bhayangkara. Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Perdana Menteri RI Nomor 86/PM/II/1954, tertanggal 29 Juli 1954. SK tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil permusyawaratan pada Konferensi Dinas Kepolisian Negara di Tretes, Jawa Timur pada 24 hingga 27 November 1952.

Ayatrohaedi dan kawan-kawan dalam buku Kumpulan Buklet Hari Bersejarah II (1995) menjelaskan mengapa 1 Juli ditetapkan sebagai Hari Bhayangkara. Menurut SK Perdana Menteri RI Nomor 86/ PM/1954, setelah ditinjau lebih lanjut tentang hari bersejarah Kepolisian RI, ternyata dalam penyelenggaraannya ditemukan faktor-faktor psikologis yang perlu dihindari.

Oleh karena itu pemerintah memandang perlu menetapkan hari yang terbaik untuk ditetapkan sebagai Hari Kepolisian, yakni pada 1 Juli. Bagi seluruh Korps Kepolisian Negara, 1 Juli 1946 mempunyai arti penting dan bersejarah, karena pada tanggal itulah Kepolisian Negara mulai menginjak fase baru dalam pertumbuhannya ke arah penyempurnaan dalam susunan tata negara RI dalam kedudukan sebagai suatu instansi yang berdiri sendiri.

Tidak sedikit khalayak yang mengira 1 Juli adalah hari lahirnya Polri. Tetapi tepatnya, 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara lantaran tanggal tersebut merupakan tonggak sejarah bagi kepolisian di Indonesia. Bhayangkara sendiri merupakan nama pasukan yang ditugaskan menjaga keamanan raja dan kerajaan era Majapahit. Nama ini diberikan oleh Patih Gadjah Mada kala itu.

Tanggal 1 Juli sebagai Hari Bhayangkara pada hakikatnya mengandung maksud dan arti. Berikut makna 1 Juli sebagai Hari Kepolisian, antara lain agar warga Polri mengetahui dan meresapi perjalanan sejarah Polri, menyadari dan menyelami makna dari kejadian atau peristiwa penting pada masa lampau yang telah dilakukan oleh para suhada kepolisian RI. Serta, agar warga Polri dapat mengheningkan cipta segala amal bhakti dan pengorbanan yang telah diberikan oleh para Bhayangkara yang telah gugur mendahului kita untuk dapat diresapi dalam diri dan jiwa warga Polri. ( Sumber : https://nasional.tempo.co/read/1607527/mengapa-1-juli-dipilih-sebagai-hari-bhayangkara )

Selamat Hari Bhayangkara yang ke 76.

Salam Sehat dan Bahagia Selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.