Peristiwa Dan Kejadian Di Tanggal 29 Mei.

KIM Obama – Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 Mei. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk memberikan perhatian kepada masyarakat yang berusia lanjut usia.

Munculnya Hari Lanjut Usia Nasional terinisiasi atas peran dari Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945. Yang merupakan sebagai anggota paling tertua dengan kearifannya dan pemikirannya, beliau mencetuskan gagasan perlunya dasar filosifis negara Indonesia.

Menurut laman Kementerian Sosial (Kemsos), HLUN dicanangkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang.
Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan menjadi dasar pemerintah untuk memberikan perhatian khusus kepada lanjut usia (lansia) dan menjadi mandat untuk mewujudkan lanjut usia yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat.

Tema Hari Lanjut Usia Nasional 2022 adalah Lansia Sehat, Indonesia Kuat dengan sub tema yang disesuaikan di kementerian/lembaga dan pemda masing-masing.

Rencana peringatan HLUN 2022 ini juga akan melibatkan Presiden Joko Widodo. Jokowi dijadwalkan menyapa lansia di 39 kecamatan di Tasikmalaya melalui teleconference. Lansia yang disapa adalah mereka yang mendapat Bantuan Sosial PKH dan Sembako, Pelayanan Posyandu, Renovasi Rumah Lansia Tunggal Tidak Layak Huni dan Operasi Katarak Gratis.

Harapannya dengan HLUN 2022 para Lanjut Usia akan mendapakan perhatian yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Salam Sehat dan bahagia Selalu.

Penulis dan dokumentasi : Team KIM Obama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.