Peristiwa Dan Kejadian Di Tanggal 10 November.

KIM Obama – Beberapa peristiwa dan kejadian di tanggal 10 November, beberapa tahun lalu. Demi mengenangnya, berikut KIM Obama merangkum berbagai peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini,

Tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan Nasional untuk memperingati  perjuangan pahlawan Indonesia dalam peperangan 10 November di Surabaya. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1945, tiga bulan pasca kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa di Surabaya ini merupakan pertempuran besar antara tentara Indonesia melawan pasukan tentara Inggris. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia melawan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan di Indonesia ini serupa dengan parade Hari Anzac di Australia. Dilansir sea.museum, Hari Anzac Australia ditandai dengan libur nasional dan para veteran yang masih hidup dan keluarga tentara yang gugur berbaris dalam parade di seluruh negeri.

Tanggal 10 November juga memperingati Hari Sains Sedunia untuk Perdamaian dan Pembangunan. Peringatan ini menggarisbawahi peran sains di tengah masyarakat dan melibatkan masyarakat dalam debat isu-isu hangat.

Melansir situs PBB, peristiwa ini merupakan tonggak relevansi sains dalam kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan sains lebih dekat dengan masyarakat. Salah satu tujuan Hari Sains Sedunia untuk Perdamaian dan Pembangunan adalah untuk memperbaharui komitmen nasional dan internasional untuk penggunaan ilmu pengetahuan untuk kepentingan masyarakat.

10 November juga ditetapkan sebagai Hari Akuntansi Internasional. Hari itu juga dikenal sebagai Hari Akuntan Internasional yang merupakan hari libur profesional tidak resmi yang dirayakan di beberapa negara pada tanggal 10 November.

Tanggal tersebut dipilih untuk menghormati Luca Pacioli, yang disebut sebagai “Bapak Akuntansi dan Pembukuan”.

Kebetulan pada tanggal 10 November 2021 ini juga merupakann perayaan Hari Galungan bagi umat Hindu. Dikutip dari situs resmi Pemkab Buleleng, Hari Raya Galungan merupakan perayaan hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan) yang dilakukan umat Hindu setiap 6 bulan Bali (210 hari). Tepatnya pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan).

Salam Sehat dan Bahagia Selalu. KIM Obama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.