Dinas Kesehatan Kota Malang

Menuju Malang Kota Sehat

 

Kota Malang menjadi salah satu pemerintah daerah di Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan kota sehat pada beberapa tahun yang lalu. Bahkan pada tahun 2013, Kota Malang mendapatkan Swastisaba Wistara, penghargaan tertinggi untuk kategori kota sehat. Ini adalah pernghargaan yang membanggakan bagi seluruh warga Kota Malang tentunya. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Malang akan berdaya upaya untuk mempertahankan prestasi ini agar dapat memberikan kebaikan kepada seluruh masyarakat Kota Malang.

Untuk mencapai kota sehat dengan kategori swastisaba wistara, ada 7 (tujuh) tatanan sebagai indikator khusus yang harus dicapai, yaitu :

  1. Pemukiman, sarana dan prasarana sehat.
  2. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.
  3. Pariwisata sehat.
  4. Kehidupan sosial yang sehat.
  5. Industri dan perkantoran yang sehat.
  6. Ketahanan pangan dan gizi.
  7. Sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi yang sehat.

Untuk tahun 2015, tatanan baru yang dipilih oleh Tim Pembina Kota Sehat dan Forum Malang Kota Sehat adalah sarana lalu lintas, tertib dan pelayanan transportasi sehat dengan leading sektor Dinas Perhubungan Kota Malang.

Oleh karena itu, pada hari Rabu – Jumat tanggal 19 – 21 Agustus 2015, Kota Malang mendapat kunjungan dari Tim Verifikasi Program Kota Sehat Tingkat Nasional untuk melakukan penilaian terhadap Kota Malang. Tim ini terdiri dari 6 orang, yaitu 3 orang dari Kementerian Kesehatan RI dan 3 orang dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. Pada hari pertama, tim verifikasi lansung ditemani oleh Walikota Moh. Anton berkeliling mengunjungi beberapa tempat untuk dilakukan verifikasi.

Diantara tempat yang dikunjungi untuk dilakukan verifikasi adalah : Merbabu Familiy Park, Taman Cerdas Trunojoyo, SMAN 7 Kota Malang sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional, Posyandu Alpukat di Kelurahan Tanjungrejo, Kampung Pelopor Gerakan Menabung Air dan Rintisan Kampung Organik di Kelurahan Purwantoro, dll. (AZ)

sumber : http://dinkes.malangkota.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.